7 Produk alam Indonesia ini jadi rahasia produk kecantikan dunia


Aesthetic - Terobsesi dengan produk perawatan kecantikan impor? Padahal merek-merek produk kecantikan kelas dunia itu banyak yang menggunakan bahan-bahan dari negara tropis, salah satunya Indonesia.
Beberapa herbal berkhasiat yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau justru kita beli dengan harga selangit. Tentunya bahan-bahan ini sudah disulap menjadi masker, conditoner, face wash, atau suplemen premium.
Bahan tradisional apa saja yang kini banyak digunakan dalam produk kecantikan dunia? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Kelor

Foto Copyright merdeka

Mungkin kamu mulai sering menjumpai produk perawatan wajah yang mengandung ekstrak Moringa oleifera atau moringa. Tahukah kamu, moringa adalah tanaman yang biasa kita sebut dengan nama kelor?
Tanaman dengan kandungan gizi tinggi ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kecantikan. Kolagen, vitamin C, dan vitamin E dalam kelor dapat menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini dan melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, vitamin A dan vitamin E dalam kelor juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.
Biasanya ekstrak moringa dijual dalam bentuk bubuk atau minyak. Kedua olahan moringa inilah yang biasa dicampurkan dalam produk kecantikan.

2. Kacang hijau

Foto Copyright merdeka

Kacang hijau memiliki fungsi anti-oksidan dan anti-inflamasi. Karena itu dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, ruam-ruam, dan iritasi. Kandungan dalam kacang hijau bahkan disebut-sebut lebih ampuh dalam melawan pigmentasi dan mengobati bercak-bercak pada kulit dibandingkan dengan vitamin C dan vitamin E. Kacang hijau juga bagus untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah.
Minumlah air rebusan kacang hijau untuk mendapatkan kulit yang cantik dari dalam. Menurut Pingming Health air kacang hijau bisa membantu penyembuhan jerawat dari dalam dengan membersihkan darah dan menurunkan panas tubuh.
Masker dari kacang hijau tumbuk dan yogurt juga efektif untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Baca Juga :  3 Trik Agar Foundation Awet

3. Kunyit

Foto Copyright merdeka

Masker dan ekstrak kunyit tengah digandrungi para beauty enthusiast dari barat. Padahal orang-orang Asia selatan dan tenggara sudah memanfaatkan tanaman yang termasuk dalam golongan temu-temuan ini untuk memelihara kesehatan selama berabad-abad.
Kunyit mengandung senyawa berkhasiat obat yang disebut kurkuminoid, terdiri dari kurkumin dan desmetoksikumin. Selain itu, kunyit memiliki khasiat anti-inflamasi dan antiseptik yang ampuh untuk mencegah jerawat, pigmentasi, serta munculnya gejala penuaan dini.
Ingin mendapatkan manfaat kecantikan kunyit? Campurkan sejumput bubuk kunyit atau parutan kunyit segar dengan yoghurt atau madu, kemudian gunakan sebagai masker atau lulur.

4. Mangga

Foto Copyright merdeka

Belakangan ini, produk kecantikan dengan kandungan mango butter juga mulai beredar di pasaran. Apa keistimewaannya?
Mangga merupakan pelembap alami yang kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Selain melembapkan kulit, kandungan dalam mangga juga ampuh untuk mencegah pigmentasi, mencegah penuaan dini, dan menyejukkan kulit yang iritasi.
Jika kulit terbakar matahari, Anda bisa memanfaatkan kulit mangga yang sudah matang untuk mengobatinya. Gosokkan bagian dalam kulit mangga ke wajah dan tangan. Cuci bersih dengan air dingin setelah didiamkan 10 sampai 15 menit.
Untuk memanfaatkan khasiat cantik mangga, buatlah masker wajah dengan mencampur daging buah mangga yang sudah dihaluskan, oatmeal, susu, dan madu.

Baca Juga :  BB Cream vs CC Cream, Mana yang Pas?

5. Pisang

Foto Copyright merdeka

Sama seperti mangga, pisang merupakan pelembap alami yang kaya akan vitamin A dan C. Selain melembapkan kulit, pisang juga ampuh untuk mengatasi rambut rusak.
Kombinasikan pisang dengan madu untuk menjadikannya sebagai overnight repair conditioner dan masker rambut. Campuran ini juga bisa dimanfaatkan sebagai masker dan lulur. Untuk scrub, tinggal campurkan daging buah pisang lumat dengan oatmeal atau gula pasir yang memiliki butiran halus.
Kulit buahnya juga memiliki khasiat kecantikan tersendiri, lho. Bisa melembapkan kulit, memutihkan gigi, dan menghilangkan kutil.

6. Nanas

Foto Copyright merdeka

Buah tropis yang satu ini juga populer untuk bahan produk kecantikan. Biasanya produk-produk perawatan kulit mengklaim penambahan enzim nanas dalam produk mereka.
Bromelain, enzim dalam nanas merupakan salah satu bentuk Alpha hydroxy acid. Bahan ini efektif untuk mengelupas kulit mati, sehingga kulit bisa beregenerasi. Nanas juga mengandung banyak vitamin C yang dapat mencerahkan warna kulit dan menjaga kesehatannya.
Kamu bisa memanfaatkan nanas yang sudah diparut untuk scrub. Campurkan dengan sedikit baking soda, kemudian gunakan untuk eksfoliasi.
Tumit, siku, dan lutut terasa kasar? Campurkan parutan nanas, lemon, garam, dan madu, kemudian gunakan untuk menggosok bagian kulit yang terasa kasar. Hati-hati untuk yang memiliki kulit sensitif.

Baca Juga :  Dapatkan kulit cantik & bebas kerut dengan konsumsi 8 buah beri ini

7. Pepaya

Foto Copyright merdeka

Kandungan vitamin A dan papain yang tinggi dalam buah pepaya menjadikan daging buah ini manjur untuk eksfoliasi dan menghaluskan kulit. Begitu juga dengan AHA dalam bentuk bromelain yang terkandung di dalamnya.
Hobi menggunakan masker dan sabun pepaya? Sekali-sekali coba buat perawatan dari buah pepaya sendiri. Haluskan buah pepaya dan campur dengan sedikit susu, lalu gunakan sebagai masker wajah. Kamu juga bisa membuat scrub tubuh sendiri dengan mencampurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu dan minyak zaitun.
Itulah bahan-bahan lokal yang menjadi rahasia produk kecantikan kelas dunia.

Foto Copyright merdeka

Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies!
Jangan lupa like, share dan komentarnya sis!
Sumber:merdeka
Like website kami: Aesthetic