7 Bahan Alami Terbukti Ampuh Bekerja sebagai Penghilang Bekas Jerawat


Aesthetic - Menghilangkan bekas jerawat adalah hal yang lebih sulit dari menyembuhkan jerawat. Jerawat yang ditangani dengan baik akan sembuh dengan sendirinya dalam satu sampai dua minggu. Namun bekas yang ditinggalkan bisa bertahan bahkan sampai hitungan bulanan. Tapi jangan khawatir, dengan rutin melakukan perawatan alami berikut ini bekas jerawat yang kamu miliki akan memudar dengan lebih cepat.

Penanganan

Foto: copyright facetofeet

Sebelum menyimak ramuan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, kamu perlu mengetahui hal-hal penting yang dapat mencegah timbulnya bekas jerawat.

Jangan menyentuh jerawat.

Foto: copyright facetofeet

Tangan kamu hanya boleh menyentuh jerawat saat sedang membersihkan wajah dan mengoleskan produk perawatan kulit atau makeup dengan kondisi tangan yang bersih. Saat kamu mencoba mengeluarkan jerawat dengan tangan, hal ini akan memperparah inflamasi dan luka di kulit serta merusak kolagen sehingga bekas yang nantinya muncul akan menjadi semakin dalam dan sulit hilang
Jauhkan jerawat dari paparan sinar matahari. Noda hitam bekas jerawat dapat hilang dengan sendirinya walaupun memakan waktu yang lama. Tapi, jika terkena paparan sinar matahari, proses penyembuhannya akan melambat dan bekas jerawat akan menjadi lebih gelap. Jadi sebisa mungkin lindungilah kulit wajah kamu dari paparan sinar matahari.

Baca Juga :  Ketahui Manfaat Mutiara untuk Kulit Indah dan Bercahaya

1. Lemon

Foto: copyright facetofeet

Vitamin C dalam lemon membantu pembentukan kolagen yang berperan dalam regeneras sel kulit.
Peras buah lemon untuk mendapatkan airnya. Oleskan air lemon pada bekas jerawat menggunakan ujung jari atau kapas. Jika kulit kamu sensitif, tambahkan air mawar ke dalam air lemon. Kamu bisa menambahkan minyak Vitamin E yang mengandung antioksidan untuk perlindungan kulit dan dapat menghaluskan kulit.

2. Madu

Foto: copyright facetofeet

Oleskan madu pada bekas jerawat di malam hari dan biarkan sampai keesokan harinya. Kamu bisa mencampurkan 2 sdm madu dengan ¼ cup oatmeal, kemudian oleskan pada bekas jerawat, diamkan selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air hangat. Cara lainnya adalah dengan mencampur ½ sdt bubuk katu manis dengan 1 sdm madu, oleskan pada bekas jerawat, diamkan selama sat jam atau semalaman, kemudian bilas sampai bersih.

3. Lidah Buaya

Foto: copyright facetofeet

Lidah buaya tidak hanya akan mengurangi pembengkakkan kulit tapi juga membantu regenerasi jeringan kulit yang rusak sehingga penyembuhan luka akibat jerawat akan lebih cepat. Lebih baik gunakan gel aloe vera alami yang masih segar langsung dari daun lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya dua kali dalam sehari. Tidak hanya bekas jerawat memudar lebih cepat, kulit kamu juga akan menjadi lebih kencang dan bercahaya.

Baca Juga :  Ini Operasi Plastik yang Paling Diminati di Indonesia

4. Minyak Zaitun

Foto: copyright facetofeet

Minyak zaitun adalah minyak alami paling ramah bagi kulit karena mengandung berbagai macam vitamin (A, D, E, C, B1, dan B2), zat besi, dan anti inflamasi. Teteskan minyak zaitun pada tangan, kemudian pijat wajah dan fokuskan pada bekas jerawat selama beberapa menit sampai kamu merasakan minyak telah terserap oleh kulit. Ambil handuk bersih, celupkan pada air hangat, peras, letakkan pada wajah, kemudian bersihkan wajah menggunakan handuk dengan gerakan yang lembut. Terkhir, bilas dengan air sampai bersih.

5. Baking Soda

Foto: copyright facetofeet

Baking soda adalah bahan yang banyak digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat karena sifatnya yang dapat mengelupas sel-sel kulit mati. Buat pasta baking soda, pijat perlahan bagian bekas jerawat menggunakan pasta baking soda selama 1-2 menit. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air hangat. Setelah itu, oleskan moisturizer atau minyak zaitun, ulangi proses ini dua atau tiga kali dalam satu minggu.

Baca Juga :  Sering Pakai Lipstik? Ini 3 Alasan kamu Membutuhkan Kuas Lipstik

6. Kentang

Foto: copyright facetofeet

Kupas kentang dan cuci sampai bersih. Masker kentang bisa kamu buat dari potongan-potongan tipis kentang, tumbukkan kentang atau dari jus kentang. Diamkan masker di wajah selama 15-20 menit, bilas dengan air sampai bersih. Cara lainnya adalah dengan mengiris tipis kentang, gunakan irisan kentang untuk memijat wajah sampai cairannnya meresap di kulit, lakukan selama 15-20 menit. Lakukan perawatan menggunakan kentang 3-4 kali dalam seminggu. Selain mencerahkan kulit, masker kentang juga bermanfaat sebagai anti-aging.

7. Tomat

Foto: copyright facetofeet

Tomat memiliki kandungan vitamin yang berkhasiat untuk mencerahkan wajah dan mencegah jerawat. Caranya sangat mudah, cukup hancurkan satu buah tomat segar hingga memiliki tekstur seperti bubur. Oleskan merata ke seluruh wajah, diamkan selama satu jam lalu bersihkan dengan air hangat. Gunakan masker wajah alami ini setiap hari selama satu atau dua minggu untuk menghilangkan jerawat.
Semoga informasi ini bermanfaat ya Ladies!
Jangan lupa like, share dan komentarnya sis!
Sumber:facetofeet
Like website kami: Aesthetic