Bahaya Sinar Matahari


dr. David Djuanda S.H MD M.Med
Learning Beauty


Ada banyak jenis tipe sinar di dalam sinar matahari. Namun, sinar yang paling merusak kulit kita disebut sinar ultraviolet (UV). Jenis dasar sinar ultraviolet yaitu UVA(gelombang panjang), UVB(gelombang pendek) dan ada juga UVC(gelombang yang lebih pendek), namun UVC biasanya tidak mencapai permukaan bumi karena tersaring lapisan ozone. .

Baca Juga :  Melanin, Sahabat Kulitmu

Sinar UVB menghasilkan kulit terbakar. Sinar UVB juga memainkan peran terbesar dalam menyebabkan kanker kulit, termasuk bentuk mol kanker kulit yang mematikan (malignant melanoma).

Sinar UVA berperan dalam pembentukan kanker kulit. Selain itu, sinar UVA menembus lebih dalam ke dalam kulit dan memainkan peran yang lebih besar dalam perubahan PENUAAN KULIT DINI termasuk pembentukan kerutan (photoaging). Ada sekitar 500 kali LEBIH BANYAK sinar UVA di bawah sinar matahari daripada sinar UVB. Karena itu, selain melindungi kulit Anda dari efek sinar UVB, juga sangat penting untuk melindungi dari efek merusak sinar UVA yang lebih banyak jumlahnya.

Produk-produk seperti sunscreen zaman kini umumnya sudah dapat memblokir sinar UVA dan UVB dibanding produk zaman dahulu yang lebih banyak memblokir sinar UVB saja.

Baca Juga :  Kebiasaan Ini Bisa Menghambat Penuaan Dini

————————————
dr. David
Learning Beauty