90% Penuaan pada Kulit adalah sinar ultraviolet dari matahari


dr. David Djuanda S.H MD M.Med
Learning Beauty


Kerutan, garis-garis halus dan pigmentasi adalah gejala pada kulit yang tak dapat terhindarkan yang dapat muncul seiring bertambahnya usia. Sementara itu,  kita seringkali ingin menyalahkan umur yang semakin tua, makanan yang kita makan bahkan tidur yang kurang. Hal tersebut tidak semuanya salah, namun penyebab utamanya adalah photoaging.

Baca Juga :  Magnetic face mask, perawatan wajah terbaru di tahun 2016

Photoaging adalah kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan sinar ultraviolet (UV). Perlu kamu ketahui bahwa, photoaging berkontribusi atas 90%(WOW) dari perubahan yang terlihat pada kulit! Penuaan berdasarkan photoaging adalah kerusakan akibat sinar matahari kumulatif yang Anda alami sepanjang hidup Anda.

Paparan UV kronis dan kumulatif ini dapat menghasilkan penuaan kulit dini yang ditandai dengan kerutan halus dan kasar pada kulit, dispigmentasi, warna pucat, perubahan tekstur, kehilangan elastisitas kulit dll. Sebagian besar dari tanda-tanda klinis ini disebabkan oleh ganggun fungsi pada dermis. Sedangka, perubahan pigmen kulit seperti keratosis seboroik, lentigin, dan hiperpigmentasi  adalah karakteristik dari gangguan fungsi  epidermis

Memang penuaan kulit secara alami atau kronologis tidak dapat dipungkiri(sulit untuk melawan waktu dan bertambahnya usia), tetapi photoaging dapat mempercepat proses penuaan. Berita baiknya adalah penuaan dapat dicegah dengan perawatan yang rutin.

Baca Juga :  Melanin, Sahabat Kulitmu